Posted

Traveling merupakan cara yang ampuh untuk memanjakan pikiran dan mengurangi stress. Biasanya traveling ke berbagai destinasi wisata memang paling enak bersama teman ataupun keluarga. Tapi tidak ada salahnya sesekali pergi sendirian. Banyak hal mengasyikkan saat solo traveling berpetualang ke tempat baru.

Mau tahu alasan solo traveling lebih mengasyikkan? Yuk simak disini:

1. Bisa bebas pergi kemanapun

Jika kamu liburan sendiri, kamu bisa bebas menentukan itinerary kemanapun tanpa harus berdebat dengan partner traveling. Mau naik gunung, jalan-jalan di hutan, berenang di laut atau guling-guling di pantai, terserah kamu! Begitu juga dengan tempat makan, penginapan dan transportasi ala ransel atau koper bebas sesuai yang kita mau.

Solo traveling mengasyikkan

Bebas pergi kemanapun saat solo traveling

2. Durasi Liburan bisa Flexsibel

Solo traveling berarti waktu liburan hanya milik kamu. Ga perlu pusing mengatur jadwal supaya ga bentrok dengan teman, kamu bisa mengatur sendiri kapan mau berangkat serta lama durasi liburan. Saat di lokasi wisata, kamu juga ga perlu tergesa-gesa dan santai menghabiskan waktu sesukamu.

Solo traveling mengasyikkan

Durasi waktu traveling bisa fleksibel

3. “Me Time”

Saat beraktivitas sehari-hari pasti kita bertemu dengan banyak orang. Terkadang kita juga perlu menyendiri untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stress. Dengan solo traveling, kamu bisa meluangkan waktu untuk mencari ketenangan. Pilih destinasi wisata yang disukai dan dapat membantu meredakan stress.

solo traveling mengasyikkan Me time

Baca juga: Tips Traveling Bagi Karyawan 

4. Bertemu Teman Baru

Saat melakukan perjalanan traveling, pasti kita banyak bertemu dengan traveler dari kota maupun negara lain. Nah, kita bisa berkenalan dan juga berbagi pengalaman dengan traveler lain saat berwisata. Ini bisa menjadi awal dari terhubungnya kamu dengan dunia serta teman baru. Next time, kamu bisa janjian mengunjungi tempat wisata yang terdapat di kota kelahiran teman barumu.

solo traveling mengasyikkan

Bertemu teman baru

5. Menghilangkan Rasa Penasaran

Suka penasaran kan saat browsing wisata ekstrem, tapi terganjal karena teman takut untuk pergi kesana. Jika teman tidak bisa, sudah saatnya untuk menjajal wisata ekstrem dengan solo traveling. Kesempatan tidak datang dua kali, jadi ga usah ragu untuk mencoba.

solo traveling mengasyikkan

Mencoba wisata ekstrem di Pantai Timang

Baca juga: Makanan yang Sering Dibawa Liburan Keluar Negeri 

6. Belajar Mengatur Segalanya

Saat solo traveling, kita mengandalkan diri sendiri untuk menempuh perjalanan. Itinerary, penginapan, makanan hingga budgeting. Dari sini, kamu bisa belajar bagaimana harus mengatur semuanya sendiri. Semua persiapan hingga perjalanan harus dilakukan dengan cermat.

solo traveling mengasyikkan

Atur semua keperluan travelingmu sendiri

7. Menemukan Jati Diri

Masih ingat dengan Julia Roberts di film Eat Pray Love? Dia melakukan solo traveling ke banyak negara, termasuk Bali [http://taysbakers.com/tag/bali/] (Indonesia) untuk menemukan inti jiwa dan kehidupannya. Terkadang dengan solo traveling kita bisa menemukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah kita rasakan. Ini membuat kita jadi lebih tahu akan diri sendiri.

solo traveling mengasyikkan

Adegan film Eat Pray Love

Jadi, sudah siap belum melakukan solo traveling? Jika bukan sekarang, kapan lagi mencoba sesuatu yang baru.