Makanan Khas Nusantara yang Cocok Disantap Saat Sahur
Posted

Bulan puasa sudah dijalankan, Nah, wajib banget kamu memenuhi nutrisi kamu saat saur dengan berbagai makanan yang baik untuk tubuhmu, agar kamu dapat dengan bugar dan sehat menjalankan ibadah puasa selama sebulan ke depan. Di Indonesia, tentunya memiliki menu makanan khas Nusantara yang biasanya disajikan saat sahur.

Sahur dilakukan seperempat malam hingga sebelum Adzan Shubuh. Biasanya menu sahur diolah dengan cara olah yang cepat, karena adanya keterbatasan waktu, seperti sayur rebus-rebusan atau tumis-tumisan.

Nah, di bawah ini adalah rekomendasi menu makanan yang biasanya disajikan khas di berbagai rumah di Indonesia. Kamu biasanya menikmati hidangan sahur seperti apa?

Makanan Khas Nusantara yang cocok disantap saat sahur

Sayur Sop

 

Sayur sop merupakan salah satu olahan sayur yang kaya akan berbagai jenis sayuran. Menu makanan sop khas nusantara ini juga dibuatnya sangatlah mudah dan cepat. Tidak butuh waktu lama untuk menyajikan makanan ini.  Jangan lupa untuk menambahkan daging ayam atau daging sapi sebagai penambah rasa pada air kaldu agar kuah lebih gurih dan harum.

Baca juga: 5 Camilan Sehat yang Enak Disantap Waktu Senggang atau Saat Bekerja

Sayur Asem

 

Sayur asem seringkali menjadi menu makanan khas Nusantara andalan berbagai rumah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, sayur asem merupakan masakan berkuah yang memiliki rasa asam karena menggunakan buah asam sebagai bumbu kuahnya.

Di berbagai daerah, memiliki varian sayur asem sesuai dengan ciri khas masing-masing, seperti sayur asem jawa, sayur asem betawi, sayur asem sunda, dan berbagai jenis varian lainnya. Perbedaan varian sayur asem hanya terletak pada buah asam dan bumbu yang digunakan.

Sayur lodeh

 

Sama seperti sayur asem, sayur lodeh memiliki bahan sayuran yang hampir sama. Terdiri dari labu siam, kacang panjang, daun melinjo, terong hingga nangka muda. Bedanya, olahan sayur khas Jawa Tengah ini dimasak dengan santan sebagai kuahnya sehingga memiliki rasa yang gurih dan segar.

Sayur bayam

 

Sayur bening merupakan makanan khas Nusantara, khususnya daerah Jawa yang sangat mudah dan cepat dalam pengolahannya. Biasanya, sayur bening menggunakan bayam sebagai bahan utamanya.

Baca Juga: Traveling Danau di Indonesia untuk Berenang Sama Ubur-ubur

Dengan memasukkan bayam, irisan bawang merah, gula, garam, serta temu kunci atau kencur ke dalam air mendidih, sayur bening pun siap disajikan. Selain bayam, kamu juga bisa menggunakan daun katuk atau oyong untuk membuat sayur bening. Tambahkan pula jagung manis ke dalam sayur bening untuk menambah cita rasanya.

Tumis Kangkung       

                                                               

Sajian tumis kangkung juga sering disebut sebagai cah kangkung. Memiliki cita rasa yang lezat dengan tekstur lembut dan sedikit renyah sehingga semakin menambah selera makan. Selain cah kangkung, terdapat olahan kangkung khas Lombok dengan nama plecing kangkung. Bedanya, plecing kangkung direbus terlebih dahulu dan disajikan dengan sambal tomat terasi.

Ada berbagai makanan khas Nusantara yang lain sebagai menu sahur kamu. Makan Tricks sebagai menu pendamping menu sahur tidak masalah, lho. Jadikan Tricks teman sahurmu, karena Tricks juga bisa menjadi lauk tambahan sebagai menunjang karbohidrat, karena Tricks terbuat dari kentang panggang yang rendah kalori.

 

Makanan Khas Nusantara yang Cocok Disantap Saat Sahur

 

Baca juga:  6 Makanan Indonesia yang Mendunia

Dapatkan Tricks di sini dan nikmati berbagai promo menarik lainnya. Jangan lupa juga, untuk follow Instagram Tricks dan Taysbakers, ya!