Posted

Mungkin buat kamu, sekali denger kentang, langsung teringat french fries atau mashed potato. Padahal banyak banget yang bisa dibuat dari kentang. Kentang bisa dibuat beragam menu makanan yang menggugah selera. Bahkan jenis umbi ini juga bisa dibuat jus. Nah dari semua makanan yang dibuat dari kentang, umumnya kita hanya mengolah kentangnya saja dan membuang kulitnya. Padahal kulit kentang masih bisa diolah menjadi makanan yang ga kalah enaknya sama kentang itu sendiri. Ini beberapa kreasi kulit kentang yang patut dicoba:

Keripik

Ga hanya kentang yang bisa dijadikan keripik loh, ternyata kulit kentang juga bisa dibuat keripik. Caranya gampang banget, sisa kulit kentang yang sudah tidak terpakai lagi dicuci hingga bersih. Berikan garam dan lada secukupnya pada kulit kentang. Lalu goreng kulit kentang dengan sedikit minyak sampai berwarna kecoklatan.

Keripik Kulit Kentang

Source: www.thekitchn.com

Pizza

Dough pizza ga hanya terbuat dari tepung terigu dan ragi saja, ternyata kita bisa berkreasi lebih banyak, termasuk dengan kulit kentang. Cukup siapkan isian pizza sesuai kesukaan. Yang paling umum bisa digunakan yaitu pepperoni atau daging asap, keju mozzarella, dan saos tomat. Susun kulit kentang di atas loyang lalu olesi dengan saos tomat. Selanjutnya letakkan peperoni dan keju mozzarella di atas kulit kentang. Panggang di dalam oven dengan suhu 220c selama 8 menit. Untuk resep lengkapnya kamu bisa lihat di sini.

Pizza Kulit Kentang

Salad

Biasanya banyak sekali kulit kentang yang terbuang kalau abis masak perkedel atau sop kentang. Sekarang kamu bisa bisa bikin dua menu makanan dengan satu kentang! Kulit kentang yang biasa dibuang itu bisa digunakan untuk membuat salad. Kamu cuma perlu menyiapkan brokoli, keju, lada dan garam. Susun kulit kentang di atas Loyang, lalu susun brokoli serta keju di atasnya.  Panggang di dalam oven dengan suhu 200c selama 5 menit. Kamu bisa lihat resep lengkapnya di sini.

Salad Kulit Kentang

Sekarang kita bisa buat lebih banyak jenis makanan, kreasikan apa yang ada di sekitar, dan pastinya bisa kurangin kemungkinan akan sisa makanan yang biasanya terbuang sia-sia. Selamat mencoba!