Makanan khas Indonesia
Posted

Setiap negara memiliki makanan khas yang beraneka ragam, termasuk Indonesia. Makanan khas Indonesia identik dengan penggunaan berbagai macam rempah-rempah dan diolah dengan kesungguhan, sehingga lezat saat disantap.

Karena begitu enaknya, beberapa makanan khas Indonesia mampu menarik perhatian luar negeri. Berikut ini tujuh makanan khas Indonesia yang mendunia:

Rendang

Salah satu masakan tradisional khas Sumatera Barat ini berupa daging bercita rasa pedas dengan bumbu rempah-rempah & santan.

Keunikan yang terdapat pada rendang adalah bumbu alami yang digunakan memiliki sifat antiseptik, sehingga bisa berguna sebagai pengawet alami. Bumbu lain juga diketahui punya aktivitas antimikroba yang kuat, tidak heran jika rendang bisa bertahan selama 3 bulan di udara terbuka.

Makanan Khas IndonesiaMakanan Terenak versi CNN International

Rendang masuk dalam posisi pertama dalam The World’ s 50 Delicious Food versi CNN International. Bangga banget kan jadi orang Indonesia makanan asli kita jadi makanan terenak di dunia.

Baca juga:
Empat Menu Unik dari Rendang

Resep Pizza Rendang

Tempe

Makanan yang berbahan dasar dari kacang kedelai ini ternyata sudah sering mejeng dalam festival kuliner di dunia. Makanan khas Indonesia ini paling sering menjadi bahan masakan yang diolah kembali dengan berbagai macam rasa dan masakan.

Makanan Khas Indonesia

Warung Tempeh milik William Mitchel di London

Bahkan warga negara asing yang pernah bekerja di Indonesia, sampai membuat Warung Tempeh di London. William Mitchel yang membuka Warung Tempeh  sejak 2013 lalu di satu pasar di London mengatakan ia ingin memperkenalkan tempe agar masuk ke “setiap dapur di Inggris”.

Sate Ayam

Sate ayam khas Madura yang menggunakan bumbu kacang dan kecap sebagai pelengkap menjadi incaran wisatawan asing saat mengunjungi Indonesia. Apalagi di berbagai negara lain, pasti ada restoran Indonesia yang menjual sate ayam. Tidak hanya warga Indonesia saja yang makan disana, tapi penduduk lokal disana sangat gemar memakan sate ayam.

Makanan khas Indonesia

Sate Ayam

Baca juga: Mengenal Sate Warisan Kuliner Indonesia

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah yang namanya juga sudah mendunia. Gudeg terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dengan santan dan ditambahi dengan nasi, daging serta telur.

Makanan khas Indonesia

Gudeg

Yang membuat gudeg sangat populer di dunia yaitu karena para wisatwan yang datang ke Yogyakarta sangat menyukai makanan khas ini.

Nasi Goreng

Nasi goreng terkenal hingga ke kancah Internasional berkat mantan Presiden Amerika Serikat, Obama sangat menyukai nasi goreng asli Indonesia. Berulang kali saat berpidato, ia menyampaikan suka dengan nasi goreng.

Saat masih kecil dan tinggal di Indonesia, Obama sering sekali memakan nasi goreng. Ia menyebutkan, nasi goreng mempunyai cita rasa yang sedap dan lezat.

Makanan Khas Indonesia

Nasi Goreng

Baca juga: 5 Makanan Terpedas di Jakarta

Gado-gado

Kalau di luar negeri makanan dengan berbagai macam sayuran disebut salad, nah di Indonesia kita punya gado-gado.  Gado gado adalah makanan khas jawa berupa sayur sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu. Makanan ini mempunyai bumbu khas kacang tanah yang di haluskan. Tak ketinggalan juga irisan telur, taburan bawang goreng dan kerupuk diatasnya.

Makanan khas Indonesia

Gado-gado

Perlombaan memasak di Napoli, Italia pada tahun 2010, gado gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika, untuk itu gado-gado menjadi salah satu makanan khas indonesia yang mendunia.

Sop Buntut

Makanan Indonesia yang mendunia terakhir adalah sop buntut. Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar republic Indonesia di Madrid, Spanyol.

Makanan khas Indonesia

Sop buntut

Salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapatkan respon yang positif. Chef asal Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia disini. Setidaknya terdapat 300an orang yang menikmati makanan khas Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut.