Posted

Sebagai karyawan yang bekerja rutin 5-6 hari sepekan, pasti rasa lelah dan jenuh selalu ada. Untuk menghilangkan rasa jenuh, traveling merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menyegarkan pikiran. Tetapi saat memikirkan gaji yang pas-pas an, rencana traveling seperti hanya angan belaka dan susah diwujudkan.

Agar Taysters tetap bisa traveling, harus ada suatu usaha pasti yaitu dengan menabung.  Taysters harus lihai mengatur cash flow supaya kecukupan bulanan terpenuhi sambil tetap bisa traveling. Ingin tahu caranya, simak 6 cara efektif menabung untuk traveling.

1. The Power of 20.000

Kamu pernah melihat beberapa orang di sosial media berhasil mengumpulkan uang 20.000 dengan jumlah fantastis di dalam toples? Jika pernah, yuk lakukan seperti mereka sebagai cara efektif menabung untuk traveling.

Berjanji pada diri sendiri untuk setiap hari memasukkan uang 20.000 ke dalam toples dan tidak boleh diambil. Jangan lupa untuk menjadi penyemangat, Taysters bisa menuliskan tujuan traveling di toples tersebut.

The Power of 20.000

Baca juga:

Tips Traveling Bagi Karyawan

7 Alasan Solo Traveling Mengasyikkan

2. Rekening Tabungan Terpisah

Namanya uang, kalau ada di depan mata pasti panas untuk digunakan nih cara efektif menabung untuk traveling. Taysters bisa menyiasatinya dengan membuka rekening tabungan terpisah dari rekening tabungan untuk kebutuhan sehari–hari.

Jadi setiap bulan, kamu bisa setor uang tabungan di rekening berbeda untuk traveling.

Mempunyai Rekening Terpisah

3. Menabung Dahulu

Saat gaji keluar di akhir bulan, langsung sisihkan uang tabungan berapa persen dari gaji, misal 500.000-1.000.000. Ini sangat diperlukan, karena jika Taysters menabung setelah memenuhi kebutuhan sehari-hari kita akan sayang mengeluarkan uang untuk ditabung. Agar efektif menabung untuk traveling, segera lah uang tabungan dimasukkan ke rekening terpisah setelah gaji keluar.

Tabung uangmu

4. Potong Biaya

Salah satu kunci menabung untuk traveling, adalah memotong biaya kebutuhan yang dirasa terlalu besar. Misal jika Taysters sehari menghabiskan uang makan sebanyak 100.000, kamu bisa memotongnya menjadi setengah dengan memasak sendiri dan membawa bekal saat bekerja. Biasanya nonton bioskop 2-3 kali sebulan, bisa diminimalisir hanya 1 kali saja. Irit dan efesien menjadi kunci utama menabung loh.

Memasak sendiri salah satu cara efektif menabung

Baca juga:

Tipe Teman Yang Asyik Diajak Traveling

7 Tempat Wisata di Jogja yang Harus Dikunjungi

5. Tinggalkan Kartu ATM di Rumah

Membawa kartu atm bisa membuat lupa diri saat berpergian atau kerja. Saat  melihat barang bagus, otomatis kita akan menggesek kartu atm/debit di mesin EDC untuk belanja. Untuk mencegah hal itu terjadi dan menjadikan menabung untuk traveling, kamu bisa meninggalkan kartu ATM di rumah. Selanjutnya cukup bawa uang seperlunya untuk 1 hari dan simpan kartu atm di rumah sehingga kamu tidak bisa belanja berlebihan.

Tinggalkan kartu atm di rumah

6. Hindari Hutang

Jangan biasakan berhutang untuk jalan-jalan. Termasuk hutang dengan kartu kredit akan merusak usahamu menabung untuk traveling. Berhutang tidak akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan malah justru menyiksa. Beban membayar hutang saat pulang akan membuat keuangan pribadi anda menjadi tidak sehat.

Jangan berhutang

Jika harus menggunakan kartu kredit, setidaknya sejumlah yang masih mampu dilunasi dua-tiga kali pembayaran tiap bulannya.  Jangan sampai sepulang dari traveling, masih harus membayar utang selama enam bulan sampai satu tahun.

Cara terakhir adalah, penting untuk menentukan tujuan dan lama perjalanan sesuai kemampuan.  Jangan memaksakan diri berlibur ke tempat yang mahal hanya untuk bergaya atau maksud pamer dengan lingkungan. Selalu seimbangkan uang tabunganmu dengan pengeluaran saat berlibur. Jangan sampai besar pasak daripada tiang yah.