Posted

Setiap musim semi tiba di negeri Jepang, bunga-bunga sakura akan bermekaran beraneka warna, pink, merah, putih abu-abu. Bunga-bunga ini tumbuh hampir diseluruh tempat seperti taman, pinggir jalan, tepi sungai, dan hutan. Warga Jepang mengisi waktu luang di musim semi dengan cara melihat dan bersantai dibawah pohon sakura.

Tak hanya untuk dilihat, bunga sakura menjadi salah satu bahan makanan dari beberapa jenis makanan di Jepang. Bunga sakura yang akan dijadikan bahan makanan pun sangat mudah ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional. Yuk intip makanan-makanan yang terbuat dari bunga sakura.

Sakura Mochi

Sakura Mochi adalah kue beras khas Jepang yang biasanya berwarna merah muda dan ditutupi dengan daun sakura. Isian mocha ini berupa pasta kacang yang memberikan cita rasa manis serta legit. Kue manis ini sering kali disajikan dan dimakan dalam acara Hina Matsuri pada bulan Maret tanggal 3. Bahan dasar Sakura mochi ini berbeda untuk setiap daerah di Negara Jepang, Warga Tokyo menggunakan tepung beras biasa sedangkan Kansai menggunakan tepung beras ketan.

430918956_ae7df4fc97_b

Sakura Kuzumochi

Sakura Kuzumochi terbuat dari jeli Jepang kuzu, gula dan air. Makanan ini cocok menjadi camilan saat musim panas. Untuk bahan siraman kuzumochi akan lebih enak dengan sirup manis, gula merah atau es krim, anda dapat memilih salah satu yang paling cocok untuk memakannya. Dengan tambahan bunga sakura berwarna pink, kazumochi yang biasanya berwarna putih akan menjadi lebih berwarna merah muda.

sakura kuzumochi

Copyright by: 12seasonofjapan.blogspot.com

Hanami Dango
Hanami dango adalah snack Jepang berbahan dasar tepung beras dan dibentuk menjadi bola-bola berwarna putih tanpa rasa, hijau berasa matcha dan pink rasa bunga sakura. Setelah jadi, hanami dango ditusuk menjadi satu dengan kushi dari bambu. Jumlah butiran dango pun tergantung pada daerah masing-masing di Jepang, biasanya berisi 3, 4 atau 5 butir dango per tusuknya.

6998972354_054384e119_b

Copyright by: flickr.com/ silivren

Sakura wagashi

Wagashi merupakan manisan tradisional Jepang yang disajikan sebagai makanan penutup. Berbahan utama tepung beras, gula dan kacang, wagashi memberikan cita rasa manis dan legit saat memakannya. Untuk memberikan warna pada wagashi, biasanya orang Jepang menggunakan bunga sakura berwarna merah muda. Sakura wagashi biasanya disajikan saat musim semi tiba ketika bunga sakura sedang bermekaran di semua daerah Jepang.

sakura-ukishima

Copyright by: http://blog.wagashi-net.de/

Sakurayu dan Teh Sakura

Menyeduh bunga sakura dalam air panas adalah salah satu cara mencicipi rasa bunga sakura secara langsung tanpa harus mengolah menjadi bahan makanan yang diolah. Bebeda dengan sakurayu, bunga sakura yang digunakan untuk membuat teh sakura sudah dikeringkan seperti sencha.

Wah-Berbagai-Hidangan-Ini-Terbuat-dari-Bunga-Sakura-6

 

Copyright by: satoshi-hotaru.devianart.com