Posted

Puasa satu bulan penuh selama Ramadhan bukan menjadi penghalang untuk kita beraktivitas, seperti traveling. Kita cenderung malas melakukan aktivitas berat apalagi traveling yang membutuhkan tenaga banyak, sedangkan kita sedang menahan lapar dan haus. Padahal kita masih bisa tetap melakukan traveling selama puasa asal tahu tips untuk tetap kuat saat beraktivitas. Berikut 5 tips traveling yang harus Taysters lakuin saat puasa:

1. Bawa Barang Seperlunya

Jangan samakan membawa barang saat tidak berpuasa dan berpuasa, karena sangat berbeda. Dalam keadaan normal kita bisa kuat mengangkat beban bawaan yang banyak saat traveling, tapi beda kalau puasa.

Pilih barang bawaan yang ringan untuk dibawa dan efektif selama perjalanan. Kemas juga barang bawaan seefisien mungkin, sehingga beban tas saat digendong bisa seimbang. Sekarang sudah banyak video tips mengemas barang bawaan untuk traveling seperti ini.

back pack

Jangan terlalu banyak membawa barang saat puasa

2. Selalu Sahur

Momen bangun sahur sangat susah karena telat bangun atau terlalu lelah. Nah, saat dalam perjalanan wajib untuk makan sahur supaya kuat seharian traveling.

Upayakan tetap sahur meski dengan menu sederhana seperti roti, susu dan telur. Yang terpenting perbanyak konsumsi air putih saat sahur agat tidak dehidrasi selama traveling.

Cheese_Scrambled_Egg_2

Telur orak-arik bisa menjadi andalan saat sahur

3. Pilih Destinasi Sejuk

Saat berpuasa pastinya kita tidak mungkin traveling ke pantai, apalagi puasa kali ini tepat di musim panas. Pilihlah destinasi  yang sejuk dan nyaman untuk traveling seperti alam ataupun indoor sehingga tubuh tidak dehidrasi.

Picnic

Destinasi sejuk bisa jadi pilihan saat puasa

4. Manfaatkan Waktu Ibadah untuk Istirahat

Umat muslim selalu menjalan ibadah sholat 5 waktu setiap harinya. Nah, manfaatkan waktu ibadah wajib untuk beristirahat selama perjalanan. Setelah sholat di masjid terdekat, kamu bisa meluangkan waktu untuk bersantai sejenak.

istirahat-di-masjid

Istirahat di Masjid

5. Kunjungi Destinasi Muslim

Destinasi traveling dengan mayoritas penduduk beragama muslim bisa menguatkan puasa kamu loh. Biasanya warung-warung akan tutup pada siang hari sehingga tidak ada tempat yang menggoda rasa lapar dan haus.

Bahkan kamu bisa menikmati berbagai festival dan ritual khas puasa seperti di Banyuwangi. Menikmati festival selama perjalanan traveling bisa jadi momen tidak terlupakan karena hanya ada setahun sekali.

Festival Banyuwangi

Festival di Banyuwangi selama bulan Ramadhan

Setelah membaca 5 tips traveling ini kamu ga perlu ragu lagi berpergian saat puasa. Salam traveling!