Various-types-Kimchi
Posted

Semua negara memiliki tradisi dan makanan khas masing-masing. Contohnya rendang, makanan khas Indonesia ini diakui dunia sebagai makanan terenak. Nah, kalau Korea Selatan membuktikan eksistensi negaranya dengan memperkenalkan kimchi sebagai makanan khasnya. Mereka giat mempromosikan kultur negaranya yang selalu mengonsumsi kimchi melalui film dan acara televisi. Jika rendang sebagai lauk bagi orang Indonesia makan, kimchi selalu setia mendampingi saat kita makan apapun.

Kimchi sendiri merupakan asinan sayuran yang difermentasikan dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, kecap ikan, cabai bubuk serta bumbu-bumbu lainnya. Sayuran yang biasa dibuat untuk kimchi yaitu kubis, lobak, sawi serta mentimun. Nah, di Korea Selatan sendiri banyak sekali varian kimchi. Mulai dari Baek kimchi yaitu kimchi putih tanpa menggunakan bubuk cabai atau Gimjang kimchi yang pedas. Sayur dan bumbu-bumbu dalam kimchi kaya akan vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium dan zat besi. Asam laktat yang dihasilkan bakteri ‘baik’ laktobasilus saat proses fermentasi kimchi, lebih tinggi daripada yogurt.

Gimjang Kimchi

Gimjang Kimchi

Dulu masyarakat Korea Selatan memfermentasikan sayur menjadi kimchi saat musim gugur dan dimakan saat musim dingin tiba. Saat musim dingin susah sekali mendapatkan sayur di Korea Selatan. Dengan perkembangan zaman, mereka tetap bisa makan sayuran kapanpun karena masyarakat Korea Selatan dapat menanam sayur di rumah kaca. Proses fermentasi kimchi sekarang ini lebih mudah karena dapat disimpan dalam kulkas. Berbeda sekali dengan zaman dulu yang harus menunggu musim gugur karena merupakan waktu terbaik untuk memfermentasikan kimchi. Saat musim gugur kimchi disimpan dalam gentong besar lalu dipendam dalam tanah. Kini masyarakat Korea Selatan dapat memakan kimchi kapanpun mereka mau, tidak bergantung pada musim tertentu.

Masyarakat Korea Selatan sangat bangga dengan kimchi, sampai ada beberapa museum kimchi  yang menyajikan sejarah pembuatan kimchi seperti Kimchi Field Museum dan Museum Kimchikan di Seoul. Wisatawan lokal maupun asing juga dapat belajar bagaimana cara membuat kimchi di Chongga Kimchi World. Setelah membuat kimchi, wisatawan dapat langsung membawa pulang hasil buatannya.

kimchi museum

Kimchi Field Museum di Seoul

Di Indonesia terutama Jakarta sendiri sudah mulai menjamur restoran yang menyajikan makanan khas Korea Selatan termasuk kimchi. Bahkan jika kamu tinggal diluar kota bisa membeli kimchi secara online di berbagai online shop. Tapi terkadang, namanya lidah Indonesia tidak terbiasa dengan makanan luar. Rasa kimchi yang terlalu asam menjadi kendala bagi sebagian orang Indonesia. Jika tetap ingin makan kimchi, kamu bisa coba Tricks kimchi nih sebagai alternatif pilihan. Rasa kimchi pada Tricks sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Tricks Kimchi

Tricks Kimchi