Posted

Stroberi merupakan buah yang sangat digemari dan dibuat banyak olahan produk berbahan dasar buah stroberi. Tapi kebanyakan buah stroberi di Indonesia memiliki ukuran yang kecil, jadi terasa kurang puas saat mengkonsumsinya. Nah di Jepang, seorang petani baru saja memecahkan rekor karena mimiliki buah stroberi raksasa dengan ukuran yang tidak biasa.

Koji Nakao asal Fukuoka menghubungi Guinness World Records setelah menemukan buah stroberi berukuran lebih besar dari biasanya saat dirinya sedang memanen buah stroberi di kebunnya, seperti yang dilansir laman telegraph.co.uk

giant strawberry taysbakers

photo by: telegraph.co.uk

Buah stroberi dengan berat 250 gram,  tinggi 8cm, panjang 12cm, dan lingkar 25 sampai 35cm, membuat buah milik Koji Nakao  sebagai yang terbesar dan terberat yang pernah tercatat oleh Guiness World Records.

Buah yang berhasil memecahkan rekor ini adalah hasil mutasi dari buah stroberi jenis Amaou asal Jepang yang tumbuh banyak lalu secara alami menyatu menjadi satu dan membentuk satu stroberi raksasa.

giantstrawberry taysbakers

photo by: telegraph.co.uk

Meskipun memiliki ukuran dan bentuk yang tidak biasa, namun kelezatan stroberi ini tidak perlu diragukan lagi. Orang pertama yang mencoba stroberi raksasa ni adalah putri dari Nakao sendiri dan mengatakan bahwa buah tersebut “lezat”.

Sementara itu, rekor sebelumnya untuk buah stroberi terbesar tercatat pada tahun 1983 yang tumbuh di Kent oleh G. Anderson.