Posted

Saat puasa Ramadhan datang pastinya ada satu buah yang menjadi incaran umat muslim yg menjalankan puasa. Ya tentunya buah kurma dapat kita temui di supermarket besar hingga pasar tradisional pun menjajakan buah ini. Buah kurma dipercaya dapat memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian melaksanakan ibadah puasa. Mau tahu apa aja sih keistimewaan buah asal Timur Tengah ini. Berikut ini beberapa keistimewaan buah kurma:

1. Menurunkan tingkat kolesterol

Selama puasa, saat tubuh terus mengeluarkan racun, kurma dapat mengobati proses detoksifikasi tersebut. Kurma dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh dan menjaga jantung dan otak tetap sehat.

2. Penambah energi

Mengkonsumsi buah kurma saat berbuka akan memberikan energi dengan cepat yang diperlukan tubuh. kurma kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang bisa meningkatkan energi dengan cepat setelah seharian berpuasa.

kurma tays

kurma memiliki banyak keistimewaan

3. Tulang kuat

Kurma juga banyak mengandung akan mineral seperti zat tembaga, selenium, magnesium, kalsium, dan lainnya. Semua jenis mineral itu dibutuhkan untuk tulang yang kuat.

4. Membunuh Infeksi

Beberapa jenis kurma dapat membunuh bakteri infeksi dalam tubuh dan berperan sebagai antibiotik yang kuat.

5. Mengatasi anemia

Memiliki anemia saat menjalankan puasa membuat tubuh semakin lemas. Jadi sangat bagus mengkonsumsi kurma secara rutin bisa membantu membentuk hemoglobin, yang merupakan bagian penting dari sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

6. Mengatasi sembelit

Kaya akan serat membuat kurma membantu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi kurma akan mencegah sembelit.