pemainan seru_bola bekel_Tricks
Posted

Tays Bakers, Jakarta – Indonesia memiliki berbagai permainan seru, dengan mengedepankan kekompakan dan mengasah otak juga sarana olahraga bagi anak. Permainan tradisional di Indonesia sudah turun-menurun dilakukan dari dahulu kala, dari orang tua ke anak-cucu, dari generasi satu ke generasi yang lainnya. Demi mengingat masa muda para orang tua dan mengenalkan permainan seru khas Indonesia ke generasi selanjutnya, yuk, simak artikel ini agar kamu semakin mencintai kebudayaan Indonesia dalam sisi permainan tradisionalnya. Nah, kamu biasanya pas masih kecil suka main apa?

Berbagai Jenis Permainan Seru Khas Indonesia

Ini dia rangkuman berbagai permainan seru khas Indonesia. Nah, dari beberapa permainan yang akan dijelaskan di bawah ini, mana aja ya, yang bikin kamu ternostalgia atau permainan yang seperti apa yang bikin kamu ingin mainkan?

  1. Congklak

Congklak adalah permainan tradisional Indonesia yang dilakukan oleh 2 orang pemain. Permainan congklak dilakukan di atas papan yang berlubang. Lubang-lubang tersebut harus diisi oleh biji yang biasanya terbuat dari cangkang kerang, biji kopi, atau berbatuan, namun saat ini terdapat biji congklak yang terbuat dari plastik. Pemain akan menang jika ia mengumpulkan biji sebanyak mungkin.

 

pemainan seru_Congklak_tricks

Permainan Seru Congklak

  1. Bola Bekel

Permainan ini biasanya dilakukan minimal 1 sampai 5 orang secara bergantian. Permainan ini dilakukan sendiri, tidak berkelompok. Pemain harus memantulkan bola karet, sembari mengambil banyaknya biji selama bola terpantulkan. Bola bekel memiliki berbagai level, mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi. Pemain yang paling melewati level tertinggi paling cepat dibanding dengan pemain yang lainnya lah, yang dapat memenangkan permainan ini.

  1. Bentengan

Bentengan adalah permainan tradisional yang dilakukan secara berkelompok. Ada 2 kelompok yang saling bertarung, biasanya dalam 1 kelompok, terdapat 4-8 anggota. Dua kelompok harus adu kemenangan, dengan cara mengambil anggota di kelompok musuh dan menjadikannya tawanan di bentengnya. Kelompok yang lebih dahulu mengumpulkan tawanan, kelompok itulah yang menang.

Permainan Seru Khas Indonesia yang Mengasah Otak

Permainan seru khas Indonesia melatih kemampuan fisik dan juga mengasah otak, karena otak dituntut untuk tetap kreatif dan melakukan berbagai cara agar menang saat bermain. Selain itu, permainan seru khas Indonesia juga mengedepankan kerja sama antar tim, seperti permainan di bentengan. Hal ini akan semakin memperkokoh jiwa sosial pemain di masa depan dengan sesama manusia.

Baca artikel sebelumnya di sini.

Selain itu, permainan seru khas Indonesia juga meningkatkan kemampuan untuk bersaing secara positif. Pemain akan berupaya sekuat tenaga untuk menang melawan temannya. Nah, jika gagal, maka pemain akan belajar untuk berlapang dada dan ikhlas kepada hal-hal yang terjadi di luar kendalinya.

Cemil Kentang Saat di Tengah Permainan yang Seru

 

Tempat makan enak di Jakarta

 

Saat bermain berbagai permainan seru dengan teman, tentunya banyak kalori dan tenaga yang terpakai. Bermain tentunya membuat hati senang, nah, di tengah kesenangan bersama teman-teman tersayang, pastikan selalu ada camilan yang enak. Ini tentunya akan meningkatkan kekerabatan satu pemain dengan pemain yang lain. Berbagi camilan dengan teman-teman tersayang, yuk!

Cobalah camilan kentang rendah kalori saat bermain dengan teman, seperti Tricks. Tricks rasa Rendang adalah salah satu varian rasa Tricks dengan cita khas kuliner Indonesia, yaitu Rendang. Rendang adalah salah satu makanan yang diakui oleh dunia, sebagai makanan terenak no 1, menurut survei di CNN.com.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo, beli Tricks rasa Rendang di sini. Follow IG @trickscrisps, karena di sana ada banyak event, giveaway, dan berbagai info seputar produk Tricks!

 

Source img; majalahsuarapendidikan.com dan liputan6.com