6 Makanan Indonesia yang Mendunia - Tricks - Taysbakers
Posted

TAYS BAKERS, Jakarta – Indonesia memiliki berbagai macam budaya, bahasa, tradisi, keanekaragaman fauna dan flora, juga memiliki berbagai makanan yang khas dari daerahnya masing-masing. Ada banyak kuliner Indonesia yang mendunia, bahkan beberapa di antaranya sudah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Komite bernama The Committee for the Safeguarding of Intagible Cultural Heritage yang berada dibawah naungan UNESCO setidaknya sudah menetapkan 3 makanan asal Indonesia yang masuk ke kategori Warisan Budaya Dunia, lho. Selanjutnya, CNN.com telah mensurvei setidaknya 35.000 orang di internet tentang makanan terenak di dunia. Masakan dari Indonesia masuk ke peringkat pertama dan nomor 2.

Berikut Adalah Makanan Indonesia yang dunia:

 

Lumpia

 

Makanan ini adalah khas Semarang. Lumpia ditetapkan sebagai kuliner warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2014. Meskipun berasal dari Tiongkok, Lumpia sudah mengalami modifikasi secara turun-menurun sehingga sudah sesuai dengan lidah orang Indonesia.

 

Baca artikel lainnya: Asal Usul Cokelat dari Australia

 

Rendang

 

Makanan ini berasal dari Sumatera Barat. Terbuat dari potongan daging, cabai dan berbagai rempah lainnya, dan juga santan yang dimasak hingga berjam-jam. Rendang ditetapkan oleh UNISCO sebagai Kuliner Warisan Budaya Dunia.

Rendang juga dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN dan mendapatkan urutan pertama dari 50 makanan dunia lainnya, lho. Karenanya, Tricks menjadikan rendang sebagai salah satu varian rasa yang dapat kamu nikmati saat bersantai, kerja, atau berkumpul dengan keluarga tersayang.

Tempe

 

Siapa sangka, biji kedelai yang difrementasi sedemikan rupa ternyata adalah salah satu warisan Kuliner Warisan Budaya Dunia juga, lho. Tempe dapat dibuat menjadi berbagai olahan makanan, dari mulai digoreng, dikukus, dijadikan sebagai tambahan komponen untuk sayuran, dan lain-lain. Nah, kalau kamu suka tempe diolah menjadi apa?

Sate

 

Terbuat dari beberapa potongan daging, seperti daging kambing, sapi, atau ayam yang ditusuk pada tusukan lidi, lalu dibakar dan dibumbui berbagai bumbu khas seperti bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate ternyata telah menjadi kuliner Indonesia yang mendunia juga, lho. Tak hanya menjadi primadona di negeri sendiri, sate padang dan sate madura menjadi varian sate yang menjadi favorit banyak orang, termasuk masyarakat Internasional.

 

Nasi Goreng

 

CNN.com mensurvei 35ribu netizen di facebook tentang 50 makanan terenak di dunia pada tahun 2017, hasilnya adalah rendang berada di ururutan pertama dan nasi goreng berada di bawah rendang. Seperti kata pepatah khas orang Indonesia yang mengatakan bahwa, “Belum makan namanya kalau gak makan pakai nasi,” karenanya ternyata olahan nasi goreng menjadi kuliner yang paling disukai oleh dunia. Kamu suka nasi goreng abang-abang gorobak, atau nasi goreng ala rumahan?

 

Gado-gado

 

Jika salad diberi dengan saus mayonais dan olive oil, gado-gado dilumuri oleh bumbu kacang. Ternyata, makanan ini termasuk ke dalam kuliner yang mendunia, lho. Campuran berbagai sayuran, seperti daun kangkung, kacang panjang, tauge, sawi putih, ditambah tahu dan tempe yang dilumuri saus kacang menjadi hal yang sangat luar biasa dinikmati.

Baca artikel lainnya: 7 DESTINASI WISATA DI SINGAPURA YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Nah, dari berbagai makanan di atas, sudah sepantasnya kita berbangga atas keanekaragaman kuliner dari negara sendiri, ya. Karena, dunia saja sudah mengakui nikmatnya makanan dari Indonesia. Mengapa kita tidak? Dari beberapa kuliner Indonesia yang mendunia di atas, kamu paling suka apa?!

Mau cemilan yang sehat dan juga enak? Yuk, belanja di sini.

Follow @taysbakers dan @trickscrisps di Instagram, agar kamu dapat info terbaru dari Tays bakers.