monumen 0 km
Posted

Tahu gak sih, ujung barat Indonesia atau monumen 0 km di mana? Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas! Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan dari pulau Miangas sampai pulau Rote. Indonesia memiliki berbagai beragam suku, adat, agama, dan kebudayaan lainnya.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki 13.662 pulau, terbentang sejauh 3,5 juta mil dari barat hingga ke timur. Karena negara kepulauan, pulau-pulau terluar Indonesia memiliki peran penting dalam penentuan batas kedaulatan negara. Inilah yang membuat negara memiliki simbol penanda geografis di sepanjang perbatasan laut Indonesia. Salah satu simbol tersebut adalah di ujung utara pulau Weh, yaitu Monumen Nol Kilometer Barat Indonesia.

Dari artikel ini, yuk kita menjelajah salah satu ujung barat Indonesia yang berada di Aceh.

Jelajah Monumen 0 KM di Aceh

 

Yuk, kita jelajah Monumen 0 Kilometer yang berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Monumen ini pertama kali diresmikan di tanggal 9 September 1997, oleh wakil presiden yang ketika itu dijabat, yaitu Try Sutrisno. Tinggi monumen ini mencapai 43,6 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: Nikmati Camilan Rendah Kalori Saat Bermain Permainan Seru

Secara teknis, sebenarnya koordinat titik terbarat dari Indonesia berada di Pulau Rondo, yang berada pada koordinat 6° 4′ 30″ LU, 95° 6′ 45″ BT. Namun, karena pulau ini kosong dan lebih sulit diakses, maka monumen penanda titik terbarat Indonesia dibangun di sisi paling utara dari Pulau Sabang. Lokasi tepatnya berada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Area sekitar monumen ini termasuk dalam kawasan Hutan Wisata Sabang.

 

monumen 0 km

Apa itu Monumen 0 KM di Barat Indonesia?

Monumen 0 KM di barat Indonesia adalah titik dan simbol terujung daratan di bagian barat Indonesia. Titik kilometer nol ini juga populer dengan sebutan monumen kilometer nol. Dari pusat kota menuju monumen ini, wisatawan akan disuguhi panorama indah Pulau Weh, yang sebagai pulau barat di Indonesia.

Monumen ini sarat dengan simbol. Puncak monumen terdapat patung Garuda yang mencengkeram perisai yang membentuk angka nol. Patung Garuda adalah simbol negara Indonesia, sedangkan angka nol adalah simbol 0 KM paling ujung di barat Indonesia.

Rencong yang merupakan senjata khas Aceh juga terdapat di tugu sebagai simbol perjuangan rakyat Aceh dalam memerdekakan Indonesia. Pada Monumen 0 Km, terdapat simbol empat pilar yang menjadi penyangga. Ini adalah simbol batas-batas negara yaitu dari Sabang sampai Merauke dan dari pulau Mianggas ke pulau Rote.

Melancong ke Monumen 0 KM, Bersama Tricks!

Melancong ke tempat wisata, apalagi tempat itu adalah salah satu tempat bersejarah, paling enak kalau dinikmati sama snack kekinian Tricks! Semakin mengenal Indonesia, berati mengenal juga berbagai keberagaman dan budayayanya, termasuk keberagaman kulinernya.

Tricks memilki rasa otentik khas Indonesia, seperti Tricks rasa Rendang. Selain itu, Tricks juga memiliki ragam rasa yang lain, yang bisa kamu nikmati di tengah-tengah liburanmu, setelah pandemi Covid 19 berakhir, ya.

Tricks terbuat dari kentang yang dipanggang. Jadi, wajar banget kalo Tricks adalah camilan kentang yang rendah kalori. Kamu bisa beli Tricks dan menantikan promo di tiap bulannya selama tahun 2021 di sini. Follow @trickscrisps dan ikuti berbagai giveaway yang selalu ada di tiap bulannya, yuk!

Nah, setelah pandemi berakhir dan kehidupan kembali berjalan normal, kamu mau melancong ke mana nih, Tricksvora?