Posted

Pastinya ketika alergi datang menyerang, semua aktivitas akan terganggu. Biasanya disebabkan oleh kondisi cuaca yang tak bersahabat dan kurangnya nustrisi makanan, sistem kekebalan tubuh yang rendah dan bisa juga karena salah makan. Alergi juga sering menyebabkan kita menderita sakit loh .

Alergi yang sangat menganggu dan kerap dirasakan pada diri kita biasanya disebabkan oleh makanan dan cuaca dingin. Jika cuaca dingin, tubuh akan menjadi gatal-gatal, terserang flu dan tenggorokan terasa sakit. Nah untuk menangkal alergi, pilihlah makanan yang dapat melawan alergi tersebut. Dilansir dari laman wellandgood.com, inilah makanan yang bisa bantu Anda melawan alergi.

Vitamin C

Salah satu alergi yang kerap terjadi pada seseorang disebabkan karena makanan dan juga cuaca dingin. Tidak jarang, karena cuaca dingin, tubuh seseorang menjadi gatal-gatal, gampang terkena flu dan hingga tenggorokan sakit. Jika  mengalami alergi seperti ini, cobalah untuk tetap tenang dan makanlah makanan yang bisa bantu melawan alergi tersebut. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi berupa vitamin C cukup tinggi. Makanan yang mengandung vitamin C tersebut antaranya adalah buah jeruk, paprika, tomat, kacang polong dan sejenisnya. Study menyebutkan bahwa vitamin C pada makanan ini akan membantu tubuh melepaskan histamin penyebab alergi.

vitamin c taysbakers

photo: http://australianskininstitute.com.au/

Probiotik

Probiotik adalah salah satu nutrisi makanan yang memiliki hubungan cukup dekat sistem kekebalan tubuh dan dipercaya bisa bantu mengobati serta mencegah alergi. Jika mengalami alergi, pastikan untuk makan makanan yang mengandung cukup tinggi probiotik. Makanan tersebut adalah makanan hasil fermentasi seperti tempe dan yoghurt.

yogurt taysbakers

Bioflavonoid

Dr Gaynor seorang asisten profesor klinis dan kedokteran di New York City, Weill-Cornell Medical College menyatakan bahwa makanan yang mengandung nutrisi berupa bioflavonoid adalah makanan yang sangat baik untuk melawan alergi. Dan nutrisi makanan ini sendiri banyak terkandung pada sayur kubis, buah mangga, bawang putih serta teh. Ketika tengah alergi, cobalah untuk menyembuhkan dengan makanan yang mengandung bioflavonoid ya.

teh taysbakers

photo: http://balikpapan.imigrasi.go.id/

Magnesium

Penelitian menyebutkan bahwa makanan yang banyak mengandung magnesium adalah makanan yang sangat baik untuk melawan alergi. Beberapa makanan yang mengandung banyak magnesium itu sendiri di antaranya adalah sayur bayam, sayur kangkung dan biji bunga matahari. Jika tidak ingin makan makanan ini, mengatasi alergi bisa dilakukan dengan berendam di bak mandi yang telah diberi cairan magnesium di dalamnya.

spinach taysbakers

photo: http://www.buyfruit.com.au/

Nah Taysters, itulah beberapa nutrisi makanan yang bisa membantu melawan alergi. jadi, ketika kamu sedang mengalami alergi, tidak perlu khawatir dan cemas. Gunakan makanan di rumah yang mengandung nutrisi tersebut untuk menyembuhkan alergi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika dengan nutrisi di atas alergi belum juga sembuh, usahakan untuk pergi ke dokter dan periksakan diri yah.