Posted

Bulan Ramadhan akhirnya datang lagi, seluruh umat muslim menjalankan ibadah  puasa di bulan ini. Saat menjalankan puasa, kurang lebih 14 jam kita akan menahan dahaga dan lapar. Biasanya tubuh akan mengalami dehidrasi dan juga lemas saat puasa, berikut ini lima tips tetap bugar meski puasa seharian:

1. Hindari Makanan Terlalu Asin

Penting nih untuk diketahui oleh Taysters bahwa  kita harus hindari menyantap makanan terlalu asin saat berbuka puasa ataupun disaat sahur. Ternyata makanan yang terlalu asin dapat membuat tubuh gampang dehidrasi dan membuat tubuh kita tidak fit dalam menjalani aktifitas puasa.

Eat less salt

Kurangi makanan terlalu asin

2. Delapan Gelas Air Putih

Meskipun puasa selama 14 jam, bukan berarti lebih sedikit minum air putih daripada hari biasanya. Usahakan tetap minum total delapan gelas sehari saat sahur dan berbuka puasa, agar terhindar dari dehidrasi.

water

Tetap minum 8 gelas air selama puasa

3. Hindari Minum Manis Saat Sahur

Hindari minum kopi atau minuman manis  saat sahur, sebab kopi dapat merangsang tubuh untuk sering buang air kecil yang mengakibatkan air dalam tubuh berkurang.

Air dalam tubuh bila berkurang membuat kita dehidrasi dan lemas. Lain halnya dengan minuman manis yang dicerna lebih cepat dan membuat tubuh menjadi cepat merasa lapar.

coffee

Hindari minuman manis saat sahur

4. Olahraga Ringan

Meski asupan makanan berkurang, tetapi aktivitas seperti olahraga tidak boleh ditinggalkan. Olahraga ringan dapat dilakukan 30 menit atau 1 jam sebelum berbuka. Kamu bisa melakukan jalan kaki ataupun bersepeda. Tapi Taysters jangan melakukan olahraga setelah sahur, karena dapat menyebabkan cepat lelah saat menjalankan puasa.

sepeda

 Tetap berolahraga

5. Mengatur Jadwal Tidur

Menjalankan puasa pastinya tidak terlepas dengan sahur. Karena harus bangun lebih pagi untuk sahur, pastinya waktu tidur akan berkurang dan menyebabkan lemas dan ngantuk di siang hari. Coba deh untuk atur jadwal tidur kamu lebih awal atau sehabis sholat tarawih dan hindari begadang saat bulan puasa.

tidur

Tidur cukup

Demikian tips tetap bugar meskipun puasa seharian yang wajib untuk Taysters coba lakuin. Selamat berpuasa !