Menu Sarapan Pagi
Posted

TAYS BAKERS, JAKARTA – Sarapan penting dilakukan, karena manfaat sarapan sangat baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah sarapan memberikan energi lebih untuk tubuh, guna menjalankan aktivitas di pagi hari. Sarapan juga dapat menyegarkan otak dengan mendapatkan nutrisi yang baik, sehingga sarapan dapat meningkatkan konsentrasi. Indonesia juga terkenal dengan kuliner yang beraneka ragam macamnya, termasuk dengan menu sarapan pagi khas Nusantara.

Ada banyak menu sarapan yang menjadi pilihan untuk mengawali hari, dari mulai roti hingga nasi. Pilihan menu sarapan juga tergantung dengan daerah khas Nusantara, juga, lho. Nah, apa aja sih, makanan khas nusantara yang cocok disantap saat sarapan? Yuk, kita simak artikel di bawah ini.

Baca juga: Makanan Khas Nusantara yang Cocok Disantap Saat Sahur

Menu Sarapan Pagi khas Nusantara yang Cocok untuk Kamu

Nasi goreng

Nasi goreng kerap kali menjadi menu sarapan khas Nusantara di berbagai rumah. Meskipun cara memasaknya ditumis, namun kuliner ini terkenal dengan nama nasi goreng. Nasi goreng dibuat dengan tumisan berbagai rempah, telur, hingga sosis yang kemudian ditambahkan nasi dan berbagai bumbu lainnya. Varian nasi goreng sudah banyak diciptakan oleh banyak orang.

Bubur Manado

Salah satu kuliner khas kota Manado adalah bubur Manado. Bubur ini mirip dengan bubur nasi pada umumnya, tetapi bubur Manado memiliki campuran dari sayur-sayuran.

Sayur-sayuran tersebut antara lain labu kuning, kangkung, jagung, dan semacamnya. Bubur Manado biasanya juga dihidangkan dengan ikan jambal asin dan sambal rica-rica sehingga masakan ini semakin menggoda penggemar bubur untuk menikmatinya.

Nasi Gudeg

Nasi gudeg adalah makanan khas Nusantara dari Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Dalam prosesnya, memerlukan waktu lama. Warna cokelat pada gudeg, biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.

Baca juga: Traveling Danau di Indonesia untuk Berenang Sama Ubur-ubur

Nasi Pecel

Nasi Pecel adalah makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini adalah kuliner khas dari wilayah di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Asal nama dan asal daerah dari pecel belum diketahui secara pasti. Namun dapat dimaknai secara etimologi, dalam bahasa Jawa, bahwa pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’.

Bubur Ayam

Bubur ayam memang juara untuk menu sarapan pagi karena ringan dan mengenyangkan. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam.

Nasi Jagung

Nasi jagung memiliki nama lain yakni nasek empog, nasi ampok, dan nasi empok. Nasi jagung adalah suatu makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya.

Jagung yang digunakan dalam membuat nasi jagung adalah jagung yang sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil. Di pasaran jagung pipil mudah ditemukan karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan harga jagung manis atau jagung muda. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya.

Roti Tawar dan Selai atau Keju

Kalau tak mau ribet dalam membuat menu sarapan, kamu dapat memakan roti tawar dengan isi selai atau keju. Cara membuatnya simpel tinggal mengoleskan selai dan keju atau cokelat. Setelah itu, roti bisa dimakan langsung atau dijadikan bekal.

Lontong Sayur

Lontong sayur tidak hanya tersedia di hari-hari besar melainkan telah tersedia di hari-hari biasa dan dijual secara bebas di warung-warung. Lontong sayur juga bisa berupa ketupat. Ketupat atau lontong dipotong-potong, kemudian ditaburi dengan kuah yang membuat sajian ini terasa lebih nikmat.

Nah, buat kamu yang sarapannya pengin yang ringan dan rendah kalori, kamu bisa banget sarapan sama Tricks, lho. Tricks punya berbagai rasa yang siap menemani pagimu untuk mengawali pagi cerahmu.

Menu Sarapan Pagi

Kalau kamu kesiangan dan tidak sempat sarapan, langsung saja ngemil Tricks Crisps, camilan yang rendah kalori cocok untuk mengawali harimu biar perut tidak keroncongan dan kelaparan. Tingkatkan mood harian kamu dengan ngemil Tricks, deh. Karena pura-pura bahagia juga butuh energi, lho.

Dapatkan Tricks di sini, dan follow Instagram Tricks dan Taysbakers, ya!

Baca juga: 5 Kuliner Lezat Kekinian Olahan Kentang yang Viral